Informasi PPDB 2021

            Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7292 tahun 2020 dan surat edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Nomor : B.1400/Kw.02/2-a/PP.00/03/2021 tanggal 10 Maret 2021 tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 maka dengan ini disampaikan perihal syarat dan ketentuan Penerimaan Peserta Didik Baru, selanjutnya di singkat menjadi PPDB Tahun 2021 MAN 1 Medan sebagai berikut:

PERSYARATAN UMUM

  1. Beragama Islam dan mampu membaca al-qur’an
  2. Lulusan MTs/SMP atau sederajat yang terakreditasi dengan memiliki tanda lulus (SKL/Ijazah) untuk lulusan sebelum tahun 2021.
  3. Bagi peserta yang akan lulus di tahun 2021 dibuktikan dengan Surat Keterangan siswa aktif duduk di kelas akhir dan tercatat sebagai peserta Ujian Akhir Madrasah/Sekolah.
  4. Usia maksimal 21 Tahun pada tanggal 12 Juli 2021
  5. Sehat Jasmani dan Rohani.
  6. Mampu dan dengan sadar mematuhi segala tata tertib dan peraturan yang berlaku.

Menyiapkan data dalam pengisian formulir online sebagai berikut:
  1. Nomor KK (Kartu Keluarga) beserta NIK calon peserta dan orangtua
  2. Menyiapkan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) baik yang berasal dari MTs maupun dari SMP didapat dari sekolah asal
  3. Menyiapkan NSM (Nomor Statistik Madrasah) bagi calon peserta yang hanya berasal dari MTs
  4. Mempunyai akun Google/gmail/GMail dengan identitas nama calon peserta. (tidak disarankan menggunakan akun/nama orang lain).
PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Registrasi akun disarankan menggunakan alamat email gmail/GMail (Google Akun) yang aktif dengan menggunakan nama peserta (tidak nama/akun oranglain) dan mengisi formulir melalui daring/online pada laman: https://man1medan.sch.id
  2. Mengisi nilai pengetahuan/kognitif raport pada formulir online mulai dari semester 1 sampai semester 5 yang didapat selama duduk di MTs/SMP pada formulir pendaftaran sesuai jurusan yang dipilih.
  3. Mengunggah file pasphoto terbaru warna latar belakang merah ukuran 4×6 maks. 1 MB dalam bentuk JPG/JPEG (Image). Tata cara untuk merubah ukuran file foto dapat melihat Cara merubah ukuran foto klik di sini.
  4. Mengunggah file scan/foto akta lahir maks. 1 MB dalam bentuk JPG/JPEG/PDF.
  5. Mengunggah file scan/foto Kartu Keluarga maks. 1 MB dalam bentuk JPG/JPEG/PDF.
  6. Mengunggah file scan/foto Surat Keterangan siswa aktif kelas akhir bagi peserta yang akan lulus tahun 2021. Bagi lulusan sebelum tahun 2021 mengunggah file scan/foto SKHUN dan Ijazah maks. 1 MB dalam bentuk JPG/JPEG/PDF.
  7. Mengunggah file scan/foto tanda bukti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) (file dapat berupa screenshoot) JPG/JPEG/PDF.
  8. Mengunggah file scan/foto surat rekomendasi pilihan jurusan yang ditandatangani Guru BK (Bimbingan Konseling) dan atau Wali Kelas sebagai pengganti guru BK jika tidak ada, serta diketahui Kepala Madrasah/Sekolah asal.  Contoh surat rekomendasi dapat di klik untuk dilihat di sini atau https://s.id/contoh-rekom-jurusan dalam bentuk JPG/JPEG/PDF.
  9. Mengunggah file scan/foto sertifikat prestasi akademik atau non akademik (jika ada) tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional atau prestasi dibidang Al-Qur’an maks. 1 MB tiap file dalam bentuk JPG/JPEG (image).
  10. Berkas dokumen yang diunggah diserahkan ke Panitia atau dapat melalui jasa Kantor POS beserta hasil cetak bukti pendaftaran yang di dapat pada email masing-masing peserta yang terdaftar dan Foto Copy legalisir raport paling lama diterima 25 Mei 2021.
  11. Peserta yang lulus seleksi berkas mencetak kartu peserta melalui email masing-masing pada tanggal 1 – 4 Juni 2021.
  12. Mengikuti seleksi Tes Akademik Online dan Tes Praktik Keagamaan Islam/Praktik membaca Al-Qur’an sesuai mekanisme Tes Online/Video Conference Google Meet sesuai jadwal yang telah ditentukan melalui email masing-masing peserta.
  13. Setelah dinyatakan lulus mengisi surat pernyataan orang tua/wali yang ditanda tangani di atas materai tentang kesanggupan mematuhi peraturan dan tata tertib madrasah pada saat daftar ulang.
  14. Apabila ingin merubah jurusan program studi pada formulir pendaftaran peserta dapat menghubungi pihak panitia, agar data tidak dianggap ganda dan dihapus oleh sistem. Dengan nomor kontak; M. Yamin 0813-7655-9698 dan atau Riswan 0823-6329-6775
  15. Setelah dinyatakan lulus pada jurusan masing-masing yang telah dipilih, peserta tidak dibenarkan untuk pindah ke jurusan lain.
  16. Mengikuti seluruh mekanisme dan peraturan serta jadwal seleksi PPDB 2021 MAN 1 Medan yang telah ditetapkan panitia.

Hal-hal yang menyebabkan Peserta Gugur :
a. Tidak memenuhi persyaratan administratif
b. Tidak melaksanakan daftar ulang sesuai jadwal dan aturan yang telah ditetapkan
c. Tidak mengisi nilai raport dan  tidak mengupload dan menyerahkan berkas yang sebenarnya
d. Memberikan Data Palsu

Kontak (nara hubung) Infomasi Seputar PPDB 2021

Berikut nomor kontak yang dapat dihubungi seputar Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021

1. Humas/Bapak Kurnia : Hp/WA 0812-2853-7748
2. Teknis/Yamin : Hp/WA 0813-7655-9698
3. Teknis/Riswan : Hp/WA 0823-6329-6775
Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.