Hasilkan Generasi Aktif, Produktif dan Terampil dalam Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) T. A. 2024/2025

Medan, Jurnalistik Syams – Menyambut awal tahun ajaran baru, Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Medan melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun ajaran 2024/2025. Rabu (10/7/24).

Kegiatan MATSAMA tahun ini bertemakan “Melalui MATSAMA Kita Rekatkan Ukhuwah dan Jalin Silaturahmi”. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, yang dimulai pada tanggal 10 Juli 2024 hingga 13 Juli 2024, dari pukul 07:00 WIB s/d selesai. Tujuan dilaksanakannya kegiatan MATSAMA adalah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, sistem pembelajaran di MAN 1 Medan, mendorong semangat para peserta didik agar menjalin ukhuwah yang baik serta mengikat tali silaturahmi serta membantu para peserta beradaptasi dengan lingkungan MAN 1 Medan dan peraturan yang berlaku.

Adapun pihak-pihak yang turut mengkoordinir kegiatan ini adalah OSIM, MPK, Jurnalistik, Fotografi, serta seluruh komponen organisasi/ekstrakurikuler yang terlibat. Dihadiri juga oleh pihak madrasah yang meliputi Kepala MAN 1 Medan, Ayahanda Reza Faisal S. Pd., M. PMat., Kepala Tata Usaha MAN 1 Medan Ayahanda Ikhwanul Hakim Dasopang, S. Pd., jajaran WKM MAN 1 Medan, serta jajaran staf pengajar MAN 1 Medan. MATSAMA tahun ini diikuti sebanyak 684 peserta dengan total 19 forum.

Ayahanda Dr. H. Erwin Pinayungan Dasopang, M. Si., menyampaikan motivasi agar para peserta MATSAMA terus bersemangat dalam menuntut ilmu, serta mematuhi tata tertib dan aturan di MAN 1 Medan. “Hari ini dan seterusnya adalah kesempatan bagi ananda untuk mempesiapkan diri untuk masa yang akan datang.” tambah nya.

Pada hari pertama pelaksanaan MATSAMA, para peserta didik mendapat pembekalan forum yang dibimbing oleh para wali forum, dan materi semangat ber-ukhuwah, menuntut ilmu dan diskusi akhlak. Dilanjut hari kedua MATSAMA, yaitu opening ceremony MATSAMA tahun 2024, diikuti kata sambutan dari Kepala Madrasah dan WKM Akademik, peresmian peserta dan penampilan parade ekskul. Pada hari ketiga, para peserta MATSAMA melakukan apel pagi, penyampaian materi oleh Ketua IKAMAN, WKM Sarana Prasarana dan materi dari WKM Humas, serta melanjutkan penampilan parade ekskul. Pelaksanaan hari terakhir MATSAMA dilakukan di lapangan Astaka Medan, melatih peserta didik MATSAMA dalam keterampilan baris berbaris. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh beberapa perwakilan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa), serta koordinasi dari Paskibra dan Pramuka MAN 1 Medan.

Dalam wawancara bersama tim Jurnalistik Syams, Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan MATSAMA tahun 2024, Kakanda Dawani Alkhairi Rambe berpendapat bahwa pembeda MATSAMA tahun ini dengan tahun sebelumnya, yaitu lebih upgrade dan lebih seru, dikarenakan di tahun ini menampilkan banyak parade ekskul serta trend dari OSIM untuk adik-adik peserta matsama, sehingga mereka merasa senang.

Kegiatan MATSAMA ini berakhir dengan pengumuman forum terbaik, serta foto bersama seluruh panitia dan peserta MATSAMA tahun 2024.

Reporter : Muhammad Ar Rofi NST, Zahra Izzati, Sisi El Shirazy, Shafira Ramadhani, Zaskia Putri Situmorang

Tim Dokumentasi : Moza Apriza Parinduri, Sazkia Zahara Darazat, Rifqi Aunur Rahman, Hawali Nahri, Maulana Akbar Kurniadi, Septia Rahma Sari, Ayu Andini, Alya Azizah

Penyunting : Zahra Izzati

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Scan the code
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.