MAN 1 Medan Laksanakan Khatam Qur’an Akbar

Sebanyak 558 siswa/i kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 ikuti pelaksanaan khatam qur’an yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 04 Maret 2020 di Lapangan pentas seni MAN 1 Medan. Kegiatan Khatam Qur’an Akbar yang diberi tema “Berfikir dan bertindak Islami dalam rangka menciptakan generasi qur’ani” merupakan kegiatan yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan MAN 1 Medan sebagai implementasi program kegiatan yang dianjurkan oleh Kementerian Agama Sumatera Utara untuk dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan khataman ini juga diisi dengan kegiatan zikir dan doa bersama untuk kesuksesan siswa/i MAN 1 Medan dalam Ujian Nasional (UN) serta tabligh akbar. Acara ini diahadiri oleh Anggota DPR RI Komisi III Bapak Romo H. Raden Muhammad Syafi’i, SH, M.Hum, Kakanwil Kementerian Agama yang diwakili oleh Kasi Tendik Dr. H.M Arifin Tanjung, MA, Ketua MUI Sumatera Utara yang diwakili oleh Dr. H. Abdul Hamid Ritonga, MA, Kepala MAN 1 Medan Maisaroh, S.Pd, M.Si, WKM MAN 1 Medan, KTU MAN 1 Medan, Guru-guru dan staf pegawai MAN 1 Medan, Kepala MTs Negeri 1 Medan dan seluruh siswa/i MAN 1 Medan.

Ketua Panitia Rahmad Jamil, M.Pd menyampaikan bahwa khataman quran ini merupakan anjuran dari kementerian agama berdasarkan surat edaran no. 178 tahun 2007 kemudian diperbaharui kembali berdasarkan surat edaran no. 1 tahun 2018 bahwa apabila siswa madrasah hendak menamatkan pembelajarannya dan mengikuti ujian nasional maka harus melaksanakan khatam alquran atas dasar itulah kita adakan kegiatan khtaman ini, kemudian kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai alquran mulai dari membaca dan memahami sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai generasi qur’ani dan beliau mengucapakan terimakasih kepada semua panitia yang telah mensukseskan acara khataman qura’n ini serta kepada seluruh tamu udangan yang hadir pada acara khataman qur’an akbar Madrasah Aliyah Negri 1 Medan.

Kepala MAN 1 Medan Maisaroh, S.Pd, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa jumlah siswa/i MAN 1 Medan sebanyak 2.092 orang telah memiliki prestasi yang luar biasa karena siswa/i MAN 1 Medan senantiasa mempelajari sumber dari segala sumber ilmu yaitu alquran. Bagaimana siswa/i MAN 1 Medan mampu menjadi generasi qur’ani dan pemimpin-pemimpin masa depan yang hebat dimasa yang akan datang baik di Indonesia maupun di dunia. Terkhusus kepada seluruh siswa/i kelas XII yang berjumlah 558 orang  yang akan melaksanakan ujian nasional semoga Alllah memberikan keberkahan kepada anak-anakku  sekalian sehinnga lulus 100% dan tidak mendapati kendala apapun semuanya kita serahkan kepada Allah swt dengan usaha yang sehebat-hebatnya. Terimakasih saya ucapkan kepada tamu dan para hadirin yang telah meluangkan waktu dalam acara khataman quran pada hari ini sampaikan dan ceritakanlah yang baik-baiknya tentang MAN 1 Medan ini sedangkan yang buruknya sampaikan kepada kami agar kami maenjadi madrasah yang lebih baik lagi kedepannya.

Kasi Tendik Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara Dr. H.M Arifin Tanjung, MA menyampaikan dalam sambutannya mendukung penuh kegiatan khatam alquran dan sangat salut sekali kepada siswa/i MAN 1 Medan yang hari ini telah mengkhatamkan alquran karena generasi kedepannya adalah generasi cinta alquran, orang yang cinta alquran sekarang sangat diminati dan mahal harganya karena dihatinya ada kalamullah yang dibawanya, tidak semua mampu menguasai alquran tapi jika siswa/i mampu menguasai alquran maka akan menjadi orang yang dihormati dan hebat bermartabat sebagaimana selogan kementerian agama mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat. Karena kekuatan satu madrasah itu terletak pada pondasi dan akar yang terdapat didalamnya harus memiliki tiga pondasi yaitu pengembangan ilmu, pengembangan keterampilan dan pengembangan sikap. Dan MAN 1 Medan adalah madrasah yang telah memiliki ketiga pondasi tersebut.

Anggota DPR RI Komisi III Romo H. Raden Muhammad Syafi’I menyampaikan dalam sambutannya bahwa tema khataman alquran MAN 1 Medan “Berfikir dan bertindak Islami dalam rangka menciptakan generasi qur’ani” akan tercipta dan terlaksana ketika kita berfikir, bertindak berdasarkan alquran. Berdasarkan penelitian UNICEF tahun 2005 bahwa 30 tahun kedepan dunia akan kembali ke Alquran. Ilmu yang terdapat didalam alquran sungguh luar biasa dahsyat,semua jalan keluar permasalahan hidup terdapat dalam alquran maka dari itu jika kita berfikir dan bertindak berdasarkan alquran maka akan selamat menjalankan kehidupan dunia dan akhirat. Maka senantiaalah kita dekat dengan alquran karena jika orang islam jauh dari alquran kita akan hancur tapi jika kita tetap bersama alquran tidak ada kekuatan apapun yang mampu mengalahkan kita, Allahu Akbar. KSSIQ

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.