Rayakan Kemerdekaan dan Kokohkan Persatuan, MAN 1 Medan Laksanakan Upacara Peringatan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-79

Medan, Jurnalistik Syams – Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 sukses dilaksanakan di MAN 1 Medan. Sabtu (17/08/24).

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang bertema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” memiliki tujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dan tentunya untuk merefleksikan perjuangan bangsa.

Upacara ini dihadiri oleh tokoh utama pembangun MAN 1 Medan, Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.PMat., Kepala Tata Usaha (KTU), WKM beserta jajarannya, staf, dan tenaga kependidikan serta perwakilan dari masing-masing kelas X, XI, XII. Kepala Madrasah, WKM dan seluruh staf pengajar mengenakan pakaian adat Nusantara, begitu juga bagi dua orang perwakilan dari masing-masing kelas sehingga menghadirkan suasana yang meriah sekaligus menghargai keragaman budaya di Indonesia. Bendera Merah Putih di kibarkan oleh Paskibra MAN 1 Medan yang diiringi oleh Marching Band MAN 1 Medan dan Pramuka MAN 1 Medan sebagai pemimpin upacara. Turut andil OSIM, MPK, UKS, Fotografi, dan Jurnalistik.

MAN 1 Medan juga menyelenggarakan lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Lomba tersebut dilaksanakan dari tanggal 13-16 Agustus 2024. Perlombaan tersebut diikuti dengan antusias dan semangat yang tinggi oleh para siswa/i MAN 1 Medan. Adapun perlombaan yang diselenggarakan yaitu, perlombaan ranking 1, menulis naskah film, kerajinan bahan bekas, estafet tepung, balap karung, dan kerupuk, menghias kelas, kreasi makanan, cosplay pahlawan dan tarik tambang.

Muhammad Pandu Arya, selaku ketua panitia perlombaan menyampaikan harapannya dalam wawancara singkat bersama tim Jurnalistik Syams. Ia berharap bahwa pengurus OSIM selanjutnya dapat semakin berkreasi dengan baik dari sebelumnya, merancang perlombaan yang lebih baik dan menarik di tahun mendatang.

Dalam amanatnya, Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.PMat., menyampaikan, “HUT RI disambut meriah dan menjadi simbol penghormatan bagi para pendiri bangsa. Mari terapkan nilai-nilai kemerdekaan dengan memperkuat integritas dan profesionalitas. Kita harus menjadi teladan, memastikan bahwa setiap keputusan yang dijalankan sesuai dengan nilai luhur, agama, dan Pancasila. Kita harus lebih kuat dalam berbagai tantangan. Segala bentuk perubahan yang terjadi di depan kita adalah perubahan yang tepat menuju kemajuan. Di punggung kita terdapat tanggung jawab yang besar.”

Beliau juga berharap agar siswa/i MAN 1 Medan dapat menjadi generasi emas untuk 100 tahun Kemerdekaan RI. Kelak, MAN 1 Medan menjadi garda terdepan dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar. Di tutup dengan pembacaan do’a, dan foto bersama.

 

Reporter: Nafisha Nailal Husna, Aufa Hanifah, Khalisa Rianda Lubis, Zahra Izzati.

Dokumentasi: Nurina Herwin Lubis, Safira Ramadhani, Annisa Ramadhana, Zaskia Putri Situmorang, Hannisyah Putri Hadrian, Nafisha Nailal Husna, Aufa Hanifah, Khalisa Rianda Lubis, Zahra Izzati.

Penyunting: Zahra Izzati dan Khalisa Rianda Lubis.

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Scan the code
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.