Cegah Stunting, MAN 1 Medan Adakan Sarapan Bersama dan Sosialisasi Gizi

Medan, Jurnalistik Syams – Cegah stunting dengan isi piringku dilaksanakan di lapangan badminton MAN 1 Medan bersama siswa/i MAN 1 Medan dengan melakukan sarapan bersama. Rabu (11/09/2024).

Sarapan bersama siswa/i MAN 1 Medan dilakukan untuk mewujudkan siswa yang bergizi. Sarapan bersama ini bertujuan untuk mengedukasi siswa/i MAN 1 Medan dalam mencegah anemia dan stunting dalam kampanye “isi piringku”. Isi piringku adalah pedoman yang disusun Kementerian Kesehatan untuk mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang, yaitu dalam satu piring setiap kali makan, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk. Isi piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Medan Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.PMat., WKM Akademik Ayahanda Herry Afandi Limbong, S.Si., M.Pd., WKM Kesiswaan Ayahanda Muhammad Razali S.Pd., WKM Keagamaan Ayahanda M. Choiruddin, M.A., WKM Humas Ayahanda Kurnia Senja Bahagia, S.Ag, M.Sc., Pembina UKS MAN 1 Medan Ibunda Nurhanifah Siregar, S. SiT., Pihak Puskesmas Sering, yaitu dr. Sindi Octavia, dr. Juan Felix, dan tim medis dari Puskesmas Sering. Siswa/i yang mengikuti acara ini adalah perwakilan dari ekstrakurikuler UKS dan PIK-R. Acara ini berlangsung pada pukul 08.45 – 09.30 di lapangan badminton MAN 1 Medan.

Kegiatan ini diisi dengan sosialisasi dari Tim Puskesmas Sering, menyantap sarapan bersama, dan pembagian tablet penambah darah kepada siswi MAN 1 Medan.

Harapannya, dengan diadakan acara ini siswa/i MAN 1 Medan dapat memahami dan mengetahui pentingnya gizi seimbang, mendapatkan nutrisi seimbang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan mental, mendukung pertumbuhan dan perkembangan, serta mencegah penyakit kronis seperti diabetes, dan obesitas.

Acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, yang terlihat dari mereka yang bersemangat dalam sesi tanya jawab.

Setelah semua peserta menghabiskan sarapan nya, acara dilanjut dengan melakukan sesi foto bersama, dan ditutup dengan pemeriksaan hemoglobin darah pada siswa/i MAN 1 Medan.

 

 

Dokumentasi: Khalisa Rianda Lubis, Zaskia Putri Situmorang.

Penyunting: Zahra Izzati dan Khalisa Rianda Lubis.

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Scan the code
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.