Grand Final Duta GenRe MAN 1 Medan 2022, Remaja Tangguh Peduli Stunting

Medan, Jurnalistik Syams– Grand Final Pemilihan Duta GenRe MAN 1 Medan 2022. Sabtu (19/11)

 

MAN 1 Medan gelar Grand Final Pemilihan Duta GenRe MAN 1 Medan 2022 dengan mengusung tema “Remaja Tangguh Peduli Stunting”, yang mana para remaja sehat harus peduli akan kesehatan anak zaman sekarang.

 

Generasi Berencana (GenRe) ialah program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertujuan untuk mencari role model dan sumber informasi bagi teman-teman sebayanya untuk menyebarkan ilmu-ilmu seputar GenRe. GenRe juga bertujuan untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga dan remaja sehat yang terhindari dari resiko Triad KRR (seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA) dengan target remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah.

 

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Kepala MAN 1 Medan Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.Pmat. dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Medan yang diwakili oleh Ibu Martinijal, S.E., M.Sp.. Turut berhadir pula WKM, staf, tenaga pendidik dan kependikan MAN 1 Medan, serta lembaga-lembaga pendukung seperti Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diwakili oleh Sub. Koordinator Bina Ketahanan Remaja BKKBN Sumut Ibu Agustina Siregar, S.Sos., M.Si, Tim Puskesmas Sering dan perwakilan dari sponsor yang ada.

 

Para finalis Duta GenRe telah melewati serangkaian tahapan. Usai proses pendaftaran, para finalis diseleksi menjadi 30 finalis terbaik (Top 30) dan mengikuti sejumlah pelatihan-pelatihan melalui presentasi program kerja, kelas public speaking, kelas catwalk, kelas wawasan umum, kebangsaan dan kepribadian, kelas psikologi, serta penampilan bakat. Di penghujung seluruh tahapan, akan diseleksi menjadi lima terbaik (Top 5) hingga tiga terbaik (Top 3) dalam berpasangan. Semangat serta dukungan dari orang tua tak lepas mengiringi mereka para finalis yang berkompetisi.

 

Ketua Pik-R An-Nahlu MAN 1 Medan Daffa Afdhillah Ba’ayesh, turut menyampaikan beberapa kriteria yang mencerminkan seorang Duta GenRe meliputi, berilmu seputar GenRe, mempunyai retorika yang baik dan bersikap layaknya seorang duta dengan aura, kerapian, dan ketegasan yang dimiliki.

 

“Harapan saya ialah Duta GenRe tahun ini dapat menyuarakan dirinya lebih besar daripada kami (periode sebelumnya) dan bisa berprestasi lebih di MAN 1 Medan, Sumatera Utara bahkan Indonesia di ajang manapun, serta bisa bermanfaat bagi orang-orang sekitarnya,” tanggapnya dalam wawancara eksklusif.

 

Berikut para finalis Duta GenRe MAN 1 Medan 2022 terpilih.

– Duta Utama: Shaka Ghifari Idris (XI IIS 5) dan Bikafin Hikmatullah Hasibuan (X MIA 1)

– Runner Up 1: Akhmad Khairollah (X MIA 11) dan Nurul Kartika (X MIA 10)

– Runner Up 2: Fahru Rozi (X IIS 5) dan Muhassanah Nasution (XI IIS 4)

– The Best Favorite: Aditya Nur Alif (XI MIA 2) dan Jihan Thaahirah (XI MIA 3)

– The Best Intelegensia: M. Habiburrahman El-Farisy (XI MIA 12) dan Aulia Kusumadilaga (XI MIA 1)

– The Best Social Inspirator: M. Asyraf Dzacky (XI IIS 1) dan Dafina Syafitri (XI IIS 5)

 

Reporter: Fathiah Nurul Rahmah dan Zalfa Zahira
Cameraman: Fathurrahman Alfarizi
Editor: Siti Farrah Aini

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.