Jurnalis Muda Berkembang Menjadi Inspiratif Suksesnya Edukasi Jurnalistik

Medan, Jurnalistik Syams  – MAN 1 Medan Kerja Sama Forum Wartawan Mitra KEMENAG (FORWAMIK) SUMUT Mengadakan “Edukasi Jurnalistik Bagi Siswa Madrasah”. Minggu (10/12/2023)

Kegiatan ini mengusung tema “Edukasi Jurnalistik Bagi Siswa Madrasah” tujuan tema ini diangkat ialah agar siswa/i MAN Medan dapat mengembangkan bakat dan keahliannya dibidang jurnalistik agar informasi maupun berita yang dipublikasikan dapat tersampaikan dengan jelas pada khalayak ramai.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua FORWAMIK SUMUT Bapak Drs. Parlindungan Sormin, Ayahanda Muhammad Yamin, S.S, S.Pd, dan Ayahanda Mashabi, M. Noor S.Pd serta Ayahanda Muhammad Doni Anggara, S. Kom. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 s/d 11.30 WIB siang. Adapun kegiatan ini berlangsung dengan pembukaan oleh MC dan kata sambutan dari Ayahanda Muhammad Yamin, S.S, S.Pd kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh Drs. Parlindungan Sormin.

Kegiatan ini bukan pertama kali dilaksanakan namun sebelumnya sudah terlaksanakan, FORWAMIK SUMUT kerap sekali memberikan edukasi kejurnalistikan pada beberapa tingkat madrasah. Beberapa tingkat madrasah antara lain seperti MAN 1 Lubuk Pakam, MTsN 2 Medan, MAPN 4 Martubung dan MAN 1 Medan

Dalam kata sambutannya, Ayahanda Muhammad Yamin S.S, S.Pd menyampaikan bahwa beliau sangat mengharapkan antusiasme para peserta dalam berlangsungnya acara, beliau juga menyampaikan harapannya untuk keberhasilan kegiatan ini sehingga siswa/i MAN 1 Medan memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang kejurnalistikan.

Bapak Drs. Parlindungan Sormin memberikan edukasi pembelajaran sikap seorang jurnalis dalam peliputan, menghimpun dan mengumpulkan informasi dan pemberitaan. Selain itu seorang jurnalis harus memiliki etika dalam peliputan dimulai meminta izin, sapa dan salam hangat kepada narasumber, dan sampaikan asal instansi.

Acara ini berakhir dengan sesi tanya jawab dan foto bersama antara FORWAMIK SUMUT, jajaran, dan peserta, menandai suksesnya kegiatan ini dalam meningkatkan pemahaman siswa/i MAN 1 Medan di bidang kejurnalistikan.

Dengan suksesnya “Edukasi Jurnalistik” oleh FORWAMIK SUMUT di MAN 1 Medan, diharapkan bahwa kegiatan semacam ini dapat menjadi langkah awal bagi siswa/i MAN 1 Medan untuk mengejar ketertarikan dan bakat mereka dalam dunia jurnalistik.

Reporter : Diah Rimalda Harahap dan Sala Nabilah Surbakti
Dokumentasi : Dawani Alkhairi Rambe dan Amril Aulia Tanjung
Penyunting : Amril Aulia Tanjung dan Muhammad Ar Rofi Nasution

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.