MAN 1 Medan Melaksanaan Upacara HUT PGRI Ke-78 2023

Medan, Jurnalistik Syams – MAN 1 Medan Adakan Rangka Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Guru Ke-78 2023 dengan tema “Guru Pembelajar Bahagia Mengajar”. Sabtu (25/11/23).

Kegiatan tahunan ini senantiasa dilaksanakan dengan tujuan agar siswa/i memberikan penghargaan dan penghormatannya terhadap perjuangannya dalam mendidik. Selain itu membentuk hubungan erat antara guru dengan siswa dalam membentuk ruang likup belajar yang menyenangkan dalam mencapai keberhasilan belajar.

Upacara peringatan HUT PGRI ke-78 mengusungkan tema “Guru Pembelajar Bahagia Mengajar” bermaknakan bahwa guru mengambil langkah signifikan sehingga kegiatan mengajar lebih komprehensif dalam mentransformasikan siswa/i untuk berkembang maju. Mengingat MAN 1 Medan adalah madrasah berbasis digital, sesuai dengan arahan Kementrian Agama yaitu program digital literasi.

Berlangsungnya upacara ini dihadiri oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Penmad Kanwil Kemenag Sumut H. Syawal Matondang, M.Si., Ayahanda Reza Faizal, S.Pd., M.Pmat., KTU, WKM, serta staf & tenaga kependidikan MAN 1 Medan.

Dalam amanatnya, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Penmad Kanwil Kemenag Sumut H. Syawal Matondang, M.Si., menjelaskan peran sosok guru dalam mengisi pembangunan bangsa dengan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampingan dengan perkembangan zaman berbasis digital seperti ChatGPT dan Artificial Intelligence (AI)

“Guru adalah profesi agung dan bermartabat, sosok yang menjadi penerang mengantar kebangkitan dan kemajuan bangsa untuk terus memotivasi dan berprestasi, tidak semua orang dapat menjadi sosok guru hanya orang orang terpilih yang dapat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesi guru”, ujar Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Penmad Kanwil Kemenag Sumut H. Syawal Matondang, M.Si.

Upacara ini diakhiri dengan pemotongan pulut kuning yang merupakan tradisi turun temurun serta pembagian hadiah apresiasi kepada guru-guru yang berpartisipasi dalam perlombaan hari guru. Terdapat beberapa perlombaan yang terlaksana sebelumnya seperti Estafet Sarung, Estafet Karet, Senam Ahoy, dan Paduan Suara.

Reporter : Nadhira Haifana, Muhammad Ar Rofi Nasution, dan Muhammad Rasya
Penyunting : Muhammad Ar Rofi Nasution

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.