Aktualisasi Kegiatan Berkah MAN 1 Medan Laksanakan Kegiatan Buka Puasa Sunnah Bersama

Medan, Jurnalistik Syams – MAN 1 Medan Melalui kegiatan Koordinator Bidang Dakwah OSIM menyelenggarakan Kegiatan Buka Puasa Sunnah Bersama di Masjid Al-Iman MAN 1 Medan. Kamis (11/01/24).

Tujuan utama kegiatan ini adalah melatih siswa/siswi dalam melaksanakan puasa sunnah, yang merupakan tradisi yang dicontohkan oleh Rasulullah. Selain itu, pelaksanaan ibadah puasa sunnah juga dianggap sebagai cara untuk melatih kepribadian sopan dan santun agar menjadi pribadi yang memiliki Akhlakul Karimah.

Muallim Husni Ishak, S.Th.I., M.Th., Ayahanda Muhammad Yamin, S.S., S.Pd., Ayahanda Mashabi M. Noor Ritonga S.Pd, serta Ketua OSIM MAN 1 Medan Fahrur Rozi Nasution turut hadir dalam kegiatan ini, bersama dengan anggota OSIM lainnya.

Para siswa/i kelas X hingga XII MAN 1 Medan juga diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan dimulai pukul 16:30 WIB dengan pembacaan Yasin bersama-sama setelah shalat Ashar, hingga buka bersama sebagai inti acara.

Sebelum berbuka puasa, dilakukan penyampaian ceramah dengan judul Rahasia Allah Terhadap Makhluknya makna dari judul tersebut ialah tentang Allah melihat kepada hambanya.

“Allah SWT tidak pernah menilai hambanya dari penampilan, tetapi Allah SWT yang menilai seorang hamba dari niatnya, serta ketulusan hatinya dalam beribadah kepada Allah.”, ujar Muallim Husni Ishak, S.Th.I., M.Th., dalam kajiannya.

Oleh karena itu sampul tidak menentukan isinya, isinya-lah yang menentukan kualitasnya. Lakukanlah dengan hati yang tulus, orang baik akan tetap melakukan kebaikan dan pasti akan ada sebagian orang tidak suka yang mengganggap hal tersebut tidak baik.

Setelah ceramah, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Muallim Husni Ishak, S.Th.I., M.Th. Acara puncak dalam kegiatan ini adalah momentum berbuka puasa bersama dengan penuh nikmat syukur yang kemudian melaksanakan Shalat Maghrib berjama’ah di Masjid Al-Iman MAN 1 Medan.

Dokumenter : Afiyah Mawaddah, Ayu Andini, Miftahul Fattah, 

Penyunting : Muhammad Ar Rofi Nasution dan afiyah mawaddah

Buka Percakapan
1
Layanan Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.