Semarak Acara Akbar Jambore Ekskul, Dakwis, dan Pergari MAN 1 Medan 2022

Medan, Jurnalistik Syams– MAN 1 Medan Gelar Acara Jambore Ekskul, Dakwis dan Pergari MAN 1 Medan. Selasa (27/12)

 

Acara yang berlangsung pada 27-29 Desember 2022 ini dihadiri oleh WKM LitBang MAN 1 Medan Ayahanda Asrul Yafizham Nauli Harahap, S.Pd., BBA., Couns., CHt., WKM Kesiswaan MAN 1 Medan Ibunda Hj. Syarifah Zaiton, S.Pd, Staf Kesiswaan MAN 1 Medan Ayahanda Muhammad Yamin, S.S., S.Pd, dan sejumlah tenaga pendidik dan kependidikan lainnya. Partisipan gabungan tiga acara akbar ini meliputi OSIM, MPK, KKD, Pramuka, UKS, PIK-R, Jurnalistik, Pandu Digital, dan seluruh ekstrakurikuler MAN 1 Medan lainnya.

 

Acara yang mengusung tema “Bina Kemandirian, Eratkan Solidaritas di Bumi Pertiwi” ini dilakukan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antar ekstrakurikuler MAN 1 Medan. Mess Sinuraya, Sibolangit menjadi tempat keseluruhan rangkaian acara.

 

Rangkaian agenda berhasil dilaksanakan yang meliputi, penampilan esktrakurikuler, penjelajahan alam, Dakwis, Pergari, pemilihan Duta Jambore MAN 1 Medan, upacara api unggun dan permainan eksplorasi alam dengan total 210 peserta.

Pasangan Duta Jambore yang terpilih yaitu, Daffa Khoiri Azri dan Nayla Azzahra sebagai pasangan Duta Jambore Ekskul MAN 1 Medan 2022.

 

“Peserta Jambore Ekskul MAN 1 Medan sangat antusias dalam kegiatan ini. Dengan adanya Duta Jambore peserta Jambore Ekskul MAN 1 Medan, pada tahun selanjutnya mereka sudah memiliki pendamping sendiri,” ujar Ketua Panitia Jambore Ekskul MAN 1 Medan Hafizh Izzah Maulana Humaam.

 

Kegiatan Dakwis (Dakwah Wisata) pada Rabu, 28 Desember 2022 dengan tema “Learn from Nature about Islamic Insight” berlangsung dengan baik. Peserta mendengarkan materi inti tentang Semangat Berdakwah oleh Kakanda Muammar Nabil Nasution dan melakukan kegiatan berkelompok. Sejumlah agenda bina karakter dilancarkan pada acara ini.

 

Adapun di hari yang sama, Pramuka juga melaksanakan kegiatan inti Pergari (Perkemahan Tiga Hari). Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter dan mental para peserta didik serta persiapan menuju Perkantara (Perkemahan Kenaikan Bantara).

 

“Menurut saya Kegiatan Jambore, Dakwis, dan Pergari tahun 2022 sangat meriah dan baik setelah dua tahun tidak dilakukannya kegiatan Jambore,” tutur WKM Kesiswaan MAN 1 Medan Ibunda Hj. Syarifah Zaiton, S.Pd.

Acara ini dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Rehabilitasi Narkoba Al-Kamal.

 

Reporter: Salsa Nabilah Surbakti dan Iqbal Aditya Purba
Cameraman: Dzakwan Luthfi Hutagalung
Penyunting: Iqbal Aditya Purba dan Siti Farrah Aini