Maulid Nabi Muhammad saw. 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Acara Peringatan

Medan, Jurnalistik Syams – MAN 1 Medan Gelar Serangkaian Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. 1444 H. Selasa (25/10)

Acara yang mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah saw. untuk Mempersiapkan Generasi Cerdas dan Unggul di Era Digital”, digelar di pentas seni hingga lapangan MAN 1 Medan pada Selasa, 25 Oktober 2022, pukul 10.00 – 12.30 WIB. Serangkaian acara turut disaksikan oleh Kepala MAN 1 Medan, Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.Pmat., seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, serta siswa/i semester 1, 3, dan 5 yang tergabung dalam kepanitiaan dan peserta.

Dalam kata sambutan diawal acara, Kepala MAN 1 Medan, Ayahanda Reza Faisal, S.Pd., M.Pmat. mengimbau untuk seluruh yang berhadir agar mencintai Rasulullah dan bersalawat kepadanya.

“Pantaslah kita mencintai Rasulullah karena Rasulullah memberikan contoh yg mulia kepada kita. Melalui ulama dan ustaz, diceritakan bagaimana kehidupannya yang baik, sehingga menjadi uswatun hasanah,” ujarnya dalam kata sambutan.

Sebagai momen utama yang dinantikan, MAN 1 Medan turut mengundang Ustaz Hendra Wibowo, S.Sos.I, M.A sebagai penceramah yang akan memberikan tausiah terkait tema yang diusung.

Beliau menyampaikan kehidupan Rasulullah saw. pribadinya luar biasa bahkan dimulai dari masa anak-anak hingga dewasa.

Rasulullah saw. mendapat gelar al-Amin (yang dapat dipercaya) dan memiliki sifat-sifat mulia berupa shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah yang ada pada dirinya. Diceritakan pula keutamaan Surat Yasin ayat 9 tentang peristiwa Rasulullah saw., Abu Bakar as-Shiddiq dan Ali bin Abi Thalib dalam pengepungan kaum kafir Quraisy di malam hari.

“Berbeda pendapat boleh, tapi jangan berpecah belah karena 23 tahun nabi berdakwah untuk mempersatukan umat,” ucapnya dalam tausiah.

Dalam wawancara eksklusif, Ketua Panitia Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. MAN 1 Medan 2022, Ayahanda M. Choiruddin, M.A terkait realisasi tema dalam pelaksanaan acara peringatan ialah ketidakinginan kehilangan momentum untuk selalu menggugah semangat semua unsur dari seluruh keluarga besar MAN 1 Medan untuk terus mengingat dan membuka wawasan agar selalu merujuk kepada nilai-nilai yang sudah disampaikan Rasulullah saw. Nilai-nilai itulah yang harus diteladani dan harus menjadi basis utama dalam semua lini kehidupan baik bagi siswa/i dan guru MAN 1 Medan.

“Keaktifan siswa, kegiatan siswa untuk berprestasi, semangat siswa untuk menjadi yang terbaik diharapkan semakin lama semakin menguat. Siswa yang sukses di masa depan itu tidak terlepas dari pengalaman yang mereka alami, yang sifatnya memicu daripada pengembangan diri,” tanggapnya menambahkan.

Reporter :

Adinda Nadine

Alya Permatasari

Zulaikha Azkia

Editor:

Siti Farrah Aini

Tim Dokumentasi:

Aulia Santri Agustin

Nayla Syifa

Zasqia Maharani

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.