Menuju KSMO MAN 1 MEDAN Gelar Simulasi

Medan, Jurnalistik Syams – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan melaksanakan simulasi tahapan final yang nantinya akan dikirim masing-masing kategori untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat nasional. Rabu(4/11).

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi di dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Namun, dalam simulasi menuju tingkat nasional, diupayakan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan dapat mengirimkan peserta terbaik untuk mengikuti KSMO tahun 2020.

Simulasi pelaksanaan KSMO tingkat nasional pada Rabu, 4 November 2020 berjalan lancar dengan tidak ada halangan dan lokasi ujian peserta sudah disiapkan khusus oleh panitia MAN 1 dengan fasilitas yang memadai. Pada saat simulasi peserta dibagi menjadi 3 sesi dengan bidang yang berbeda-beda. Pada sesi I, dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 10.00 WIB dengan bidang studi Matematika dan Biologi terintegrasi. Bidang terintegrasi yang dimaksudkan adalah setiap soal yang diujikan telah dikaitkan dengan materi pembelajaran Agama Islam seperti Alqur’an Hadist, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Pada sesi II, simulasi dilaksanakan pada pukul 10.30 s.d 12.30 WIB dengan bidang studi Fisika dan Ekonomi terintegrasi dan pada sesi III dilaksanakan pada pukul 13.00 s.d 15.00 WIB dengan bidang studi Geografi dan Kimia terintegrasi.

Untuk KSMO bidang Biologi Terintegrasi di wakilkan oleh Muhammad Farhan Husen Matondang, bidang Matematika Terintegrasi di wakilkan oleh Irham Try Syahputra, bidang Kimia Terintegrasi di wakilkan oleh Hirzi Nugraha Supriadi, bidang Fisika Terintegrasi di wakilkan oleh Abdillah, bidang Ekonomi Terintegrasi di wakilkan oleh Sabrina, dan bidang Geografi Terintegrasi di wakilkan oleh Muhammad Rizki Naufal.

Pelaksanaan simulasi KSMO menggunakan aplikasi Safe Exam Browser (SEB) yang memiliki keunggulan seluruh peserta yang melaksanakan simulasi dapat langsung dipantau oleh panitia pusat. Peserta dapat menjalankan simulasi dengan fokus karena koneksi yang stabil.

”Dengan suksesnya simulasi pada hari ini, peserta akan melanjutkan KSMO tingkat nasional pada 11 November 2020 dan harapan terbesar saya dari MAN 1 Kota Medan ada yang menjuarai Kompetisi ini” tutur Kepala MAN 1, Ibu Maisaroh, S,Pd, M.Si. “Anak-anak akan terus dilatih dan diuji sampai mereka nantinya menuju KSMO Nasional dengan guru-guru khusus menangani bidang olimpiade” ungkap WKM Kurikulum, Ibu Juliana ,S.PD.,M.Pmat. Harapan serta dukungan pihak sekolah kepada seluruh peserta yang akan mengikuti KSMO sangat besar, serta diharapakan seluruh peserta utusan MAN 1 Medan dapat menjuarai KSMO tahun 2020.

Narasi : Chairani Dwi Putri

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.