Jurnalistik Syams MAN 1 MEDAN Menyelenggarakan Pelatihan Minggu Ketiga

Medan, Jurnalistik Syams – Jurnalistik Syams Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan menggelar pelatihan ketiga kelas menulis dengan pembahasan “Reportase“. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai pembekalan modal awal peserta didik jurnalistik mansa dalam memahami teknik reportase melalui aplikasi goggle meet, dimulai pukul 14.00-15.30 WIB, Jum’at (06/11).

Dengan dihadiri oleh pemateri, yaitu Karmila Sinaga selaku reporter senior LPM Dinamika UIN Sumatera Utara. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan tersebut lebih kurang 27 orang terdiri dari seluruh anggota Jurnalistik Mansa, namun juga untuk umum.

Dalam Konteks Jurnalistik, reportase adalah proses pengumpulan data untuk menyusun berita. Bisa dikatakan, proses jurnalistik terpenting karena dari proses inilah terkumpul bahan-bahan atau informasi untuk diberitakan.

“Ada beberapa tips untuk meningkatkan percaya diri saat mewawancari narasumber seperti, menatap mata narasumber agar terlihat serius saat diwawancarai, ramah terhadap narasumber dan terakhir yaitu terus berlatih”. Ujar karmila sinaga selaku pemateri kelas menulis.

Dea Rizky Ananda, salah satu peserta mengungkapkan rasa antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. “ Tujuan saya untuk mengikuti pelatihan ini, untuk menambah wawasan dan meningkatkan mental keberanian di depan umum” ungkap peserta didik baru jurnalistik mansa tersebut.

“ Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, saya mendapatkan pengetahuan tentang teknik reportase dengan baik dan benar serta meninggkatkan rasa percaya diri menjadi reporter yang berani dan profesional saat meliput kejadian,” tutupnya.

Narasi : M.Rizky Maulizar

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.