Makin Cakap Digital, MAN 1 Medan Ikut Serta dalam Webinar Literasi Digital Nasional

Medan, Jurnalistik Syams – MAN 1 Medan ikuti Webinar Literasi Digital Nasional untuk mewujudkan madrasah cakap digital. (Jumat, 23/09)

Webinar Literasi Digital Nasional : Makin Cakap Digital 2022 ialah salah satu dari Program Literasi Digital yang merupakan bagian dari upaya peningkatan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi secara positif, produktif, dan aman.

Webinar ini diselenggarakan pada pukul 08.00 hingga 10.00 WIB secara langsung via Zoom Meeting dengan mengusung tema, “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika, dan Berdaya”.

MAN 1 Medan turut serta dalam webinar ini dan diikuti oleh perwakilan para WKM, guru, serta siswa/i MAN 1 Medan yang diadakan di Laboratorium Komputer 1 MAN 1 Medan.

Webinar dimulai dengan penyampaian materi “Etika Digital” oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang diwakilkan oleh Ibu Nursyamsiah, M.A.. Beliau menyampaikan bahwa dalam etika digital perlu dilakukan interaksi, partisipasi, kolaborasi, kontrol diri, serta menghindari perbuatan menyebar hoaks, ujaran kebencian, perundungan, dan konten negatif.

Materi “Keamanan Digital” yang berikutnya disampaikan oleh Peneliti dan PS3 Al-Qadir Yogyakarta, Bapak Ahmad Wahyu Sudrajad ialah mengenai pengamanan perangkat, identitas, dan rekam jejak digital serta waspada akan penipuan digital dengan cara tidak mudah membagikan data pribadi dan memercayai situs yang tidak tepercaya.

Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan bahwa tidak ada yang dapat menghilangkan resiko dari keamanan digital. Namun, dengan segala usaha yang dilakukan akan dapat mengurangi kemungkinan yang akan terjadi.

Content Creator, Alfi Siregar, menjadi narasumber penutup untuk memberikan materi “Cakap Digital” yang dapat dituju dengan cara memahami perangkat serta aplikasi digital yang berlaku. Interaksi digital dengan aman juga menjadi catatan penting dalam penyampaiannya.

“Fokuslah terhadap kemampuan kamu, percaya diri, dan jangan dengarkan omongan orang lain serta konsisten,” ujarnya dalam materi cakap digital.

Editor : Siti Farrah Aini

Buka Percakapan
Bantuan Informasi?
Assalamu alaikum
Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan.